ICM

Minggu, 04 September 2011

Sekilas Masjid Besar baiturrahim Tanjung

     Masjid Besar Baiturrahim merupakan masjid yang berada di sentral pusat pemerintahan dan ibukota Kabupaten Lombok Utara. Lokasinya sangat strategis yaitu berada di persimpangan jalan utama , pusat keramaian,pusat kegiatan pembinaan umara,pusat pembinaan ulama dan pusat pembinaan umat di Kabupaten Lombok Utara . Karena berada pada pusat pemerintahan ,maka fungsi masjid dan banyak jamaah bertambah .Bukan tidak mungkin Masjid Besar Baiturrahim akan berkembang menjadi Islamik center dan status meningkat menjadi Masjid Raya kabupaten Lombok Utara.. Disamping kegiaatan peribadatan masjid ini memepunyai beberapa agenda kegiatan rutin diantaranya:

    1. Lembaga pendidikan Taman Kanak Kanak Islam Baiturrahim Tanjung.
    2. Sekertariat pusat Yayasan Baiturrahman Tanjung Yang bergerak pada bidang social,keagamaan dan             pendidikan.Yayasan ini mempunyai kegiatan:
        a. Penyelenggararaan TK Islam.
        b. Penyantunan masyarakat kurang mampu
        c. Penyantunan biaya pendidikan pada tingkat pendidikan dasar.
       d. Penyantunan kepada mualaf.
       e. Penyelenggaraan pengajian rutin setiap malam sabtu.
   3. Pusat kegiatan dan sekertariat MUI Kabupaten Lombok Utara.
   4. Sekertariat Majlis Ta’lim Al Wa’yul Islami MUI Kabupaten Lombok Utara.
   5. Pusat Pembinaan Pemegang amanah (Pejabat dan karyawan Pemda Lombok Utara)
   6. Dll
Fungsi Masjid Besar Baiturrahim Tanjung dapat dijabarkan sebagai berikut :   


1. Sebagai sarana pembina iman bagi kaum muslimin. Masjid menjadi sarana untuk memperkokoh iman . Di samping itu masjid juga digunakan para sahabat sebagai sarana peribadatan dan mengkaji ajaran Islam. Hal ini terbukti setiap hari ba’da sholat wajib diadakan pembinaan pembinaan terhadap jamaah ,disamping itu bekerjasama dengan Yayasan Baiturrahman diadakan pengajian dan kajian islam secara rutin

   2. Masjid Besar Baiturrahim Tanjung sebagai sarana memperkuat Ukhuwah Islamiyah.
Masjid merupakan tempat berkumpulnya anggota masyarakat untuk dibina menjadi masyarakat yang islami. Dengan pembinaan masyarakat melalui masjid itulah kaum muslimin menjadi terpaut hatinya kepada masjid dan membuat kaum muslimin menjadi hati-hati agar tidak melakukan kesalahan serta tidak berani menyimpang dari kebenaran.  

3. Masjid sebagai sarana Tarbiyah. Masjid sebagai tempat tarbiyah atau pendidikan dan pembinaaan kaum muslimin. Pada lingkungan Masjid Besar Baiturrahim Tanjung terdapat pengkaderan generasi –generasi muslim yang tergabung dalam pendidikan TK Islam Baiturrahman.Dengan adanya tarbiyah insya Allah kaum muslimin memiliki wawasan dan penguasaan ajaran Islam yang baik sehingga dapat membedakan yang hak dan yang batil.  

VISI
Dengan membangun masjid dan menggunakan masjid itu sesuai dengan syariat Insya Allah akan terwujud masyarakat muslim yang berakhlak mulia (Akhlakul Karimah), sejahtera lahir dan batin dalam ikatan Ukhuwah Islamiyah antar pemerintahan dan rakyatnya sehingga dapat menjadi rahmatan lil ‘alamin.  

MISI Untuk mencapai tujuan tersebut kami memiliki misi sebagai berikut :
    1. Menyediakan sarana ibadah yang representative sehingga menjadikan suasana ibadah yang khusuk               dalam lingkungan yang asri dan bersih.
   2. Memberikan bimbingan dan pembinaan serta memfasilitasi para jamaah untuk meningkatkan                          pemahaman agama Islam.
   3. Memberikan pelayanan untuk keperluan-keperluan ritual agama Islam.
  4. Membina jamaah agar memiliki akhlakul karimah.
  5. Mengupayakan kesejahteraan jamaah baik secara material maupun spiritual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar