ICM

Kamis, 15 Maret 2012

Islamic center Masjid Agung Baiturrahim Tanjung ?


Masjid Besar Baiturrahim Tanjung
Masjid adalah sebuah institusi amat penting dalam kehidupan umat Islam. Selain itu, masjid merupakan sarana keagamaan yang memiliki makna strategis bagi umat Islam, tidak saja dalam masalah ritual keagamaan tapi juga berkaitan dengan persoalan-persoalan kemasyarakatan, pemerintahan ,sosial dan budaya dalam arti luas.
            Sebagai masjid utama di Kota Tanjung, Masjid Besar Baiturrahim yang terletak di Tanjung pusat pemerintahan Kabupaten Lombok Utara juga tidak lepas dari fungsi-fungsi tersebut.  Apalagi posisi Masjid Besar Baiturrahim Tanjung yang awal berdirinya bernama Masjid  Jami’ itu letaknya cukup strategis dipusat kota. Tepatnya di sebelah utara kantor bupati dan lapangan Super Semar / alun-alun pusat kota Tanjung.
            Masjid Besar Baiturrahim Tanjung didirikan pada tahun 1978 selepas gempa bumi di kawasan Lombok Utara berada di atas tanah negara sekitar 3.000 m2. Masjid ini dibangun dalam dua tahap. Tahap pertama dibangun tahun 1978 M, kemudian tahap kedua renovasi dimulai pada 1984. Bangunan masjid ini berbentuk bujursangkar berstruktur kayu dengan atap limas, ukuran 27m x 27m.Di Kawasan Masjid Besar ini terdapat beberapa lembaga sosial keagamaan diantaranya kantor MUI Kabupaten Lombok Utara,Yayasan Baiturrahman dan TK Islam Baiturrahman. Sehubungan dengan perkembangan fungsi masjid Besar Baiturrahim yang juga diperuntukan pembentukan karakter muda ,pembinaan umat dan bahkan pembinaan para pemegang amanah di Lombok Utara maka keberadaan dan fasilitas Masjid mulai kurang maksimal
            Untuk memperluas fungsi masjid maka masyarakat dan jamaah Masjid Besar Baiturrahim Tanjung berkeinginan menaikan status dan keperuntukan dengan status Masjid Agung dan tempat kajian Islam berupa Islamic Center.Tempat ini memiliki banyak fungsi selain sebagai pusat kegiatan ibadah dan penguatan persatuan dan silaturrahim umat Islam. Fungsi lain yang diemban, diantaranya sebagai pusat pemberdayaan ekonomi umat yang sesuai dengan norma-norma Islam, sebagai pusat pengembangan pendidikan Islam dan penerapan konsep-konsep Islam secara integratif dan konprehensif, sebagai pusat jaringan kerjasama antara institusi Islam yang telah ada atau yang akan lahir dan juga tempat pembinaan para pemegang amanah pemerintahan Kabupaten Lombok Utara.
            Masyarakat begitu menginginkan kehadiran masjid Agung yang representatif di Lombok Utara yang dapat dibuktikan dengan banyaknya elemen masyarakat yang berkenan membantu pendanaannya. Masyarakat dan jamaah sudah mulai penggalangan dana sejak setahun yang lalu.Dan mereka sudah sepakat untuk secepatnya melaksanakan pembongkaran dan mulai pembangunan.Karena mereka menginginkan Masjid Agung BaiturrahimTanjung sebagai Islamic center yang akan menjadi pusat pengembangan peradaban Islam di Lombok Utara tersebut.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar